Pengertian Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
PEMANFAATAN MULTIMEDIA
Multimedia dapat ditempatkan dimana saja selama
masyarakat membutuhkan akses ke sumber informasi elektronik. Multimedia
mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang
menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik,
dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit alergi
terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah
dapat diterima dan mudah digunakan.
TEKNOLOGI INFORMASI BERPERAN DI BIDANG-BIDANG :
- Bidang Ekonomi
- Bidang Pendidikan
- Bidang Pemerintahan
Jenis jenis Konten Multimedia
multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.
Menurut (Green & Brown, 2002: 2-6) Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari:
a. Teks
Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan
untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau
tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana.
Satuan dari ukuran suatu teks terdiri darilength dan size. Length biasanya
menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu
huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran
huruf tersebut.
b. Grafik
render dalam
bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal
ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar
monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya
berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto dan
contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti gambar yang biasa
dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.
Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh
gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar di Grafik terdiri dari
gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar
digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size(sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak
adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki
durasi.
c. Audio
Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu
yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi,
lagu, sound effect, back sound.
BEBERAPA METODE DALAM MENYAJIKAN MULTIMEDIA :
- Berbasis
Kertas ( Contoh : Buku,majalah,brosur )
- Berbasis
Cahaya ( Contoh : Slide show,transparasi )
- Berbasis Suara ( Contoh : CD Player,radio )
- Berbasis Gambar Gerak ( Contoh : Televisi,film )
- Berbasis Digital ( Contoh : Komputer )
Jenis-jenis Multimedia
Pengguna/ user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality,dll
- Multimedia Hiperaktif
Multimedia jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada. Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh: world wide web, web site, mobile banking, Game on line, dll
- Multimedia Linear / Squential
Multimedia Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya. Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna. Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai akhir. Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV
dokumen berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer. contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
KATEGORI MULTIMEDIA
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori,
yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.
1. Multimedia Content Production adalah
penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan
interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau
menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game,
entertaintment, dll.
2. Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll.
- Bentuk Linier : Sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu
- Bentuk Non Linier : Struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas,tidak oleh rute yang ditentukan frame atau bite informasi ke yang lainnya.
Sumber Referensi :
Tanggal Upload : 01.Mar.2014 , Pukul : 10:42
Interactive Multimedia