Minggu, 25 Mei 2014

Perbankan

Pengertian perbankan
Kata bank diserap dari bahasa italia (banca) yang berarti uang, arti spesifiknya adalah suatu tempat  dimana uang disave (simpan) dan lend (dipinjamkan) ke berbagai kalangan masyarakat untuk menunjang kehidupan ekonomi masyarakat tersebut. Praktek perbankan sendiri mulai pertama kali dilakukan di italia dan mulai berkembang di wilayah-wilayah eropa dan amerika hingga masuk di Indonesia seperti perbankan yang kita lihat sekarang ini.
Jasa bank sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam pembangunan ekonomi suatu negara, karena menjadi penyuplai keuangan terhadap suatu pergerakan industri dan ekonomi suatu negara, oleh karena itu mengapa di negara-negara berkembang seprti Indonesia ini membutuhkan sistem perbankan yang lebih modern dan lebih maju sehingga dapat menjadi sarana perputaran dan pengukuran ekonomi negara Indonesia itu sendiri.
Fungsi bank-bank yang berdiri saat ini sangatlah penting jasanya didalam pembangunan ekonomi suatu bangsa. Fungsi perbankan   umumnya di bagi di dalam 2 tujuan, yaitu :
  • Bank berfungsi untuk menyediakan  alat pembayaran dan mekanisme yang sangat efesien dan berguna bagi para nasabahnya. Oleh karena itu, bank umumnya selalu menyediakan kartu kredit, uang tunai baik logam maupun kertas, serta pinjaman.itu semua adalah peran bank-bank saat ini dan yang sangat penting karena bank berperan pesat pada ekonomi. Tanpa adanya adanya kegunaan bank tersebut di atas, maka kita akan kembali ke zaman dulu dimana barang yang kita butuh kan hanya dapat kita perdagangkan melalui media barter yang sangat memakan waktu lama dan tidak praktis penggunaannya.
  • Bank berfungsi untuk  menerima dan menyimpan tabungan dari para nasabahnya, baik itu dalam jumlah yang kecil dan maupun dalam jumlah yang sangat besar sekalipun, serta bank wajib meminjamkan dana dari para nasabah ke pihak-pihak yang sangat membutuhkan dana, jadi, dapat kita simpulkan bank dapat meningkatkan jumlah transaksi investasi dan pemanfaatan sumber dana menjadi lebih produktif guna kemaslahatan nasabahnya. Bila peran perbankan di Indonesia ini berjalan dengan sangat lancar,maka efek yang dapat ditimbulkan yaitu ekonomi suatu negara akan sangat meningkat dan mampu menopang ekonomi Negara itu sendiri. Tapi apabila tidak ada arus dana ini, maka uang hanya stagnan di saku atau celengan seseorang sehingga susah untuk mengembangkan ekonomi suatu negara, dan orang tentu saja tidak dapat mendapatkan pinjaman, para wirausaha akan mati, dan berbagai bisnis akan gulung tikar karena sangat susah memperoleh pinjaman guna pengembangan modal.
Manfaat lainnya dari adanya suatu bank yaitu :
  1. Bank berfungsi menjadi modal investasi untuk seluruh nasabahnya, artinya, akan sangat membantu para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya dan secara tidak lansung juga mengembangkan ekonomi suatu Negara yang mempunyai bank yang maju.
  2. Bank juga berfungsi  memanajemen berbagai macam produksi yang sedang berjalan dengan lancar dan  sangat efisien, yang artinya, transaksi derivative yang terjadi  mampu memberikan hasil yang sangat memuaskan kepada manajemen produksi dari berbagai macam produsen dalam menjudge atau memprediksi berbagai  macam permintaan pasar yang akan terjadi di kemudian hari.

Itulah berbagai keuntungan bank yang telah menjadi bukti nyata dalam pembentukan ekonomi modern seperti sekarang ini, apabil tanpa jasa-jasa bank dapat kita bayangkan akan seperti apa dunia ini sekarang, munking saja perjalanan atau pertumbuhan ekonomi masih akan sangat lambat dan memakan waktu yang cukup lama, kurangnya Negara-negara maju sampai sekarang ini, dan munkin tidak munking dunia ini akan mencpai titik kehancuran karena timbulnya berbagai macam spekulatif di ekonomi masyarakat, sekian tulisan saya tentang perbankan mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar