Senin, 03 Maret 2014

Text dan Hypertext

Text 

Pengertian Text merupakan salah satu bentuk representasi visual dari bahasa Text adalah data/informasi dalam bentuk susunan karakter dalam suatu bahasa, karakter disebut juga alfabet.Tipografi = Ilmu tentang tampilan teks, seperti bentuk, spasi, tata letak, paragraf, dan sebagainya

Fungsi Teks merupakan elemen dasar dan sangat penting dalam presentasi multimedia membaca dan menulis teks merupakan keahlian yang diharapkan dan diperlukan dalam kehidupan modern Kemampuan (serta kemauan) membaca teks merupakan pintu masuk mendapatkan pengetahuan dan kekuasaan Dengan adanya World Wide Web, peran teks sudah menjadi sangat penting dibanding sebelumnya Pemilihan kata-kata yang tepat dalam suatu teks sangat penting dalam suatu presentasi multimedia Di halaman Web, teks bisa digunakan pada : Titles, Menus, Navigation aids, atau Narrative (content)

Ada 3 Jenis : 

Hypertext

Di dunia internet, hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link atau hubungan dengan tempat tujuan. Link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext yang dapat kamu pilih. Coba klik sebuah link dan kamu akan dihubungkan ke dokumen lain yang tersambung dengan link tersebut. Pada saat kamu membuka alamat sebuah situs atau website pada kotak addres, secara otomatis di depannya ditambahkan “http//”. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protocol untuk men-download file ke komputer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunkan pada internet.

Sebuah dokumen web dapat dibuat secara sataik atau dinamik. Oleh karena itu, sebuah sistem hypertext yang dibuat dengan baik akan dapat menangani dan menggunakan banyak antar muka pengguna lainnya, seperti menu dan abris perintah dann dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen link yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif. Dokumen dan aplikasi dapat ditampilkan secara lokal dimana pun dokumen dan aplikasi tersebut berada dengan bantuan jaringan komputer, seperti internet. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah World Wide Web.

 Contoh Gambar :
  


Plain Text


Teks file ada dua yaitu  rich text and plain text. Plain text, seperti yang sudah bisa anda duga, agak biasa. Ini mendukung karakter ASCII standar, termasuk angka, simbol, dan spasi, tetapi tidak mendukung semua jenis format teks. Oleh karena itu Anda tidak dapat menerapkan tebal, miring, atau bergaris bawah gaya, dan anda tidak dapat menggunakan font yang berbeda atau ukuran font dalam dokumen teks biasa.


Karena plain text tidak mengandung informasi tentang ukuran teks atau gaya teks. Plain text sering mengambil kurang dari setengah ukuran kaya dokumen teks yang berisi jumlah yang sama karakter. Ini alasan mengapa log file, yang berisi "log" data yang dihasilkan oleh sebuah program, biasanya disimpan dalam format teks biasa. 

Contoh Gambar : 


 


Rich
  
Rich text lebih menarik dari pada plain text. Mendukung format text,seperti tebal,miring dan menggaris bahawi text serta font yang berbeda ,ukuran,dan text yang berwarna. 

Kabar baiknya adala,pengolah kata yang paling memungkinkan anda untuk menyimpan rich text dalam format rich text generik.Format ini yang menggunakan ekstensi.Namunkarena  merupakan format standardapat dibuka olehhampir semua program pengolah kata dan bahkan editor teks yang paling dasar.

Contoh Gambar :


 
Demikian penjelasan tentang pengertian dan perbedaan text, Plain text, Hypertext, dan Rich text. Untuk perbedaannya dapat dilihat dari penjelasan dan contoh gambar dari setiap masing - masing pengertian  :D 

Sumber Refensi :

- Buku-Buku 

0 komentar:

Posting Komentar