Selasa, 18 Maret 2014

Prototype




Pengertian prototype?
Dalam perancangan sistem interaktif, prototype bisa berupa:
-          Serangkaian skets layar
-          Sebuah storyboard, i.e. a cartoon-like series of scenes Powerpoint slide show
-          Video yang mesimulasikan penggunaan sebuah system
-          Model dari kayu(contoh. PalmPilot)
-          cardboard mock-up
-          Sebuah perangkat lunak dengan fungsionalitas terbatas yang ditulis dengan suatu bahasa pemrograman

Alasan membuat prototype?
-          Evaluasi dan umpan balik sangat penting dalam perancangan
-          Para Stakeholders dapat lebih mudah melihat, memegang, dan berinteraksi dengan prototype dari pada dengan dokumen atau gambar
-          Anggota tim bisa berkomunikasi secara lebih efektif
-          Lebih mudah mencoba ide-ide baru
-          Mendorong pemikiran lebih dalam aspek perancangan yang sangat penting.
-          prototype mendukung perancang dalam memilih alternatif rancangan

Hal-hal yang harus dibuat prototype?
-          Technical issues
-          Work flow, task design
-          Screen layouts and information display
-          Difficult, controversial, critical areas

Dua Pendekatan dalam Pembuatan  Prototype
-          Evolutionary: the prototype eventually becomes the product
-          Revolutionary, or throwaway: the prototype is used to get the specs right,then discarded!!

Horizontal prototype à broad but only top-level
Vertical prototypeà deep, but only some functions

Low-fidelity Prototyping
-          Menggunakan media yang tidak sama dengan media sistem finalcontoh: paper, cardboard
-          Cepat, murah dan mudah diubah

Storyboard
-          Sering dibuat menurut sebuah skenario, memberikan gambaran lebih terinci.
-          Serangkaian gambar/sketch yang memperlihatkan bagaimana pengguna bisa menjalankan aplikasi sesuai tugas
-          Dilakukan pada awal proses perancangan
-          Storyboard = prototip berbasis kertas
Alat untuk menvisualisasikan proyek anda:
- Navigasi àtampilan visual jalur-jalur navigasi
- Interaktifitas àdalam bentuk kata-kata diatas kertas
- rancangan layar àLayout dasar, warna dasar
- Sketch kasar àuntuk key frames, menus, etc.
Storyboarding is about conceptual thinking, not art. [Al Brown, Presentations magazine, 1997]

Pembuatan Sketch
-          Pembuatan sketch sangat penting dalam pembuatan low-fidelity prototype
-          Tidak tergantung pada ketrampilan menggambar, gunakan simbol-simbol sederhana.

Prototype berbasis kartu
-          Kartu index (3 X 5 inches)
-          Setiap kartu menggambarkan satu layar atau sebagian dari layar.
-          Sering dipakai dalam pengembangan situs web.

Kartu Index
-          Umum dipakai dalam pengembangan situs web
-          Juga berguna untuk aplikasi dengan jumlah layar yang banyak
-          Setiap kartu mewakili sebuah layar.
-          Sangar membantu dalam mengorganisasikan situs web.
-          Bisa membantu dalam pembuatan arsitektur informasi

‘Wizard-of-Oz’ prototyping
-          Pengguna mengira mereka berinteraksi dengan komputer, padahal seorang pengembang memberikan output secara manual menggantikan sistem.
-          Biasanya dilakukan di awal proses perancangan untuk memahami keinginan pengguna.
-          What is ‘wrong’ with this approach?

High-fidelity prototyping                     
-          Menggunakan materi seperti produk final.
-          Prototip lebih tampak seperti sistem final dari pada versi low-fidelity
-          Perangkat lunak yang sering digunakan seperti Macromedia Director, Visual Basic,dan Smalltalk.
-          Ada bahaya karena bisa mengakibatkan pengguna mengira sudah mendapatkan sistem yang sudah jadi 

 Sumber Refensi
- Buku-Buku 

0 komentar:

Posting Komentar