Arsitektur Informasi :
-
Linear / Sequential :
menceritakan
-
Hierarchial : Informasi
Terorganisasi
-
Network/Web : exploring
Isu Struktural : Depth/Kedalaman,
Breadth/Meluas
Navigasi
-
Pertanyaan kunci : di mana saya,
dari mana saja, ke mana bisa pergi
-
Teknik Navigasi : Browsing,
Searching, Site Maps, Indexes
-
Menyediakan
indikator - you are here (Cascading menus, Thumbnail
maps, Color coding)
-
Menyediakan fasilitas Search
(sitemaps)
Atribut Usability
-
Kecocokan antara sistem dan dunia
nyata
-
Kendali dan kebebasan (undo n
redo)
-
Konsistensi dan standarisasi :
quit atau exit
-
Pencegahan kesalahan
-
Fleksibilitas dan efisiensi
penggunaan
-
Estetika dan perancangan
minimalis
-
Bantu user menegnali dan memperbaiki
kesalahan
Isu Desain Interface :
ü Hyperlinks, Ions, and Buttons
-
Gunakan warna umum
u/mengindikasikan status hyperlinks(sellected, rollover, clicked)
-
Gunakan Icon
yang standard, jgn yang baru
-
Bagamana kalo button dipilih :
higlight atau berubah bentuk
ü Penempatan : jangan gunakan centered text, allignment
harus seragam di seluruh halaman web.
ü Teks : tampilkan informasi kunci lebih dulu, sans
sherif lebih mudah dibaca, maksimal 2 typeface, perhatikan hierarki informasi,
gunakan bullet2
ü Warna : warna hangat dan cerah terlihat lebih besar
daripada warna dingin dan gelap. Jangan gunakan warna kuat dan warna primer
sebagai background.
ü Ukuran dan resolusi layar
-
Poin2 perancangan Interface :
tentukan area kendali dan area utama, gambar background jgn ramai, pilih button
yang tepat, perlihatkan kepentingan informasi secara visual, KISS
-
Metafora : Aplikasi yang kompleks
akan mudah dimengerti jika user interfacenya memakai sesuatu yang sudah umum,
juga membuat user mengingat aturan aplikasi sesedikit mungkin.
-
Isu-isu
Metafora :
-
digunakan u/ menggambarkan
aplikasi, bukan button
-
bisa ada bbrp dlm 1 aplikasi tp
tidak selalu harus ada
-
Gunakan metafora yang banyak
dikenal
Metafora berbeda2 pada berbagai kebudayaanSumber Referensi :
- Buku-Buku dan browsing
Multimedia design principles