Senin, 10 Maret 2014

Multimedia design principles




Arsitektur Informasi :
-          Linear / Sequential : menceritakan 
-          Hierarchial : Informasi Terorganisasi
-          Network/Web : exploring

Isu Struktural : Depth/Kedalaman, Breadth/Meluas

Navigasi
-          Pertanyaan kunci : di mana saya, dari mana saja, ke mana bisa pergi
-          Teknik Navigasi : Browsing, Searching, Site Maps, Indexes
-           Menyediakan indikator - you are here (Cascading menus, Thumbnail maps, Color coding)
-          Menyediakan fasilitas Search (sitemaps)

Atribut Usability
-          Kecocokan antara sistem dan dunia nyata
-          Kendali dan kebebasan (undo n redo)
-          Konsistensi dan standarisasi : quit atau exit
-          Pencegahan kesalahan
-          Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan
-          Estetika dan perancangan minimalis
-          Bantu user menegnali dan memperbaiki kesalahan

Isu Desain Interface :
ü  Hyperlinks, Ions, and Buttons
-          Gunakan warna umum u/mengindikasikan status hyperlinks(sellected, rollover, clicked)
-           Gunakan Icon yang standard, jgn yang baru
-          Bagamana kalo button dipilih : higlight atau berubah bentuk
ü  Penempatan : jangan gunakan centered text, allignment harus seragam di seluruh halaman web.
ü  Teks : tampilkan informasi kunci lebih dulu, sans sherif lebih mudah dibaca, maksimal 2 typeface, perhatikan hierarki informasi, gunakan bullet2
ü  Warna : warna hangat dan cerah terlihat lebih besar daripada warna dingin dan gelap. Jangan gunakan warna kuat dan warna primer sebagai background.
ü  Ukuran dan resolusi layar
-            Poin2 perancangan Interface : tentukan area kendali dan area utama, gambar background jgn ramai, pilih button yang tepat, perlihatkan kepentingan informasi secara visual, KISS
-          Metafora : Aplikasi yang kompleks akan mudah dimengerti jika user interfacenya memakai sesuatu yang sudah umum, juga membuat user mengingat aturan aplikasi sesedikit mungkin.
-           Isu-isu Metafora :
-          digunakan u/ menggambarkan aplikasi, bukan button
-          bisa ada bbrp dlm 1 aplikasi tp tidak selalu harus ada
-          Gunakan metafora yang banyak dikenal
Metafora berbeda2 pada berbagai kebudayaan

Sumber Referensi :
- Buku-Buku dan browsing 

0 komentar:

Posting Komentar