Pengertian prototype?
Dalam perancangan sistem interaktif, prototype bisa
berupa:
-
Serangkaian skets
layar
-
Sebuah storyboard, i.e. a cartoon-like
series of scenes Powerpoint slide show
-
Video yang mesimulasikan penggunaan sebuah system
-
Model dari kayu(contoh. PalmPilot)
-
cardboard mock-up
-
Sebuah perangkat
lunak dengan fungsionalitas terbatas yang ditulis dengan suatu bahasa
pemrograman
Alasan membuat prototype?
-
Evaluasi dan umpan
balik sangat penting dalam perancangan
-
Para Stakeholders dapat lebih mudah melihat, memegang, dan
berinteraksi dengan prototype dari pada dengan dokumen atau
gambar
-
Anggota tim bisa
berkomunikasi secara lebih efektif
-
Lebih mudah mencoba
ide-ide baru
-
Mendorong pemikiran
lebih dalam aspek perancangan yang sangat penting.
-
prototype mendukung
perancang dalam memilih alternatif rancangan
Hal-hal yang harus dibuat prototype?
-
Technical issues
-
Work flow, task design
-
Screen layouts and information display
-
Difficult, controversial, critical areas
Dua Pendekatan
dalam Pembuatan Prototype
-
Evolutionary: the prototype eventually becomes the product
-
Revolutionary, or
throwaway: the prototype is
used to get the specs right,then discarded!!
Horizontal prototype à broad but only top-level
Vertical prototypeà deep, but only some functions
Low-fidelity Prototyping
-
Menggunakan media
yang tidak sama dengan media sistem final, contoh: paper, cardboard
-
Cepat, murah dan
mudah diubah
Storyboard
-
Sering dibuat
menurut sebuah skenario, memberikan gambaran lebih terinci.
-
Serangkaian gambar/sketch yang
memperlihatkan bagaimana pengguna bisa menjalankan aplikasi sesuai tugas
-
Dilakukan pada
awal proses perancangan
-
Storyboard = prototip berbasis kertas
Alat untuk menvisualisasikan proyek anda:
- Navigasi àtampilan
visual jalur-jalur navigasi
- Interaktifitas àdalam
bentuk kata-kata diatas kertas
- rancangan
layar àLayout dasar, warna dasar
- Sketch
kasar àuntuk key frames, menus, etc.
Storyboarding is about conceptual thinking, not
art. [Al Brown, Presentations magazine, 1997]
Pembuatan Sketch
-
Pembuatan sketch sangat penting dalam pembuatan low-fidelity prototype
-
Tidak tergantung
pada ketrampilan menggambar, gunakan simbol-simbol sederhana.
Prototype berbasis kartu
-
Kartu index (3 X 5 inches)
-
Setiap kartu
menggambarkan satu layar atau sebagian dari layar.
-
Sering dipakai
dalam pengembangan situs web.
Kartu Index
-
Umum dipakai dalam
pengembangan situs web
-
Juga berguna untuk
aplikasi dengan jumlah layar yang banyak
-
Setiap kartu
mewakili sebuah layar.
-
Sangar membantu
dalam mengorganisasikan situs web.
-
Bisa membantu dalam
pembuatan arsitektur informasi
‘Wizard-of-Oz’ prototyping
-
Pengguna mengira
mereka berinteraksi dengan komputer, padahal seorang pengembang memberikan
output secara manual menggantikan sistem.
-
Biasanya dilakukan
di awal proses perancangan untuk memahami keinginan pengguna.
-
What is ‘wrong’
with this approach?
High-fidelity prototyping
-
Menggunakan materi
seperti produk final.
-
Prototip lebih tampak
seperti sistem final dari pada versi low-fidelity
-
Perangkat lunak
yang sering digunakan seperti Macromedia Director, Visual Basic,dan Smalltalk.
-
Ada bahaya karena
bisa mengakibatkan pengguna mengira sudah mendapatkan sistem yang sudah jadi
Sumber Refensi
- Buku-Buku
Prototype